Alun-alun Bandung Kini Punya 'Solar Tree'

'Solar tree' tersebut adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kota Bandung pada pemanfaatan energi matahari.
Kamis, 30 Jan 2020 14:14 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Dua unit solar tree atau pohon surya diresmikandi area Taman Alun-alun Bandung oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Kamis (30/1).

Solar tree merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbentuk seperti pohon, yang energi listriknya dapat dimanfaatkan untuk lampu penerangan dan charging peralatan elektronik, tanpa listrik dari PT PLN.

Pemasangan solar tree tersebut adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kota Bandung pada pemanfaatan energi matahari, salah satu energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

Solar tree di Alun-alun Kota Bandung merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) PT Len Industri (Persero), bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung.

Kalau bisa kami perbanyak di taman-taman, silakan kerja sama dan dikembangkan dengan PT Len Industri. Memang kami punya program Bandung Caang Baranang. Saya harap Bandung ini seperti di Makkah, Bandung malam seterang siang karena di Makkah baik siang atau malam terang terus. Malam di sana terang karena lampunya di mana-mana, luar biasa. Harapan saya seperti itu, kata Wali Kota Oded.

Baca juga :