Anggota TKN Yakin Utang Negara Masih di Batas Aman

Perdebatan tentang utang negara masih panjang, tetapi anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf punya pandangannya sendiri.
Senin, 08 Apr 2019 14:42 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Hendrawan Supratikno, memastikan utang pemerintah untuk pembangunan infrastruktur masih aman.

Dalam hal utang, kita harus melihatnya secara objektif. Pembangunan infrastruktur yang agresif membutuhkan dana besar. Sementara penerimaan pemerintah belum mencukupi, sehingga alternatifnya adalah utang, kata Hendrawan yang juga anggota Komisi Keuangan DPR RI ini di Jakarta, hari ini.

Sepanjang pemanfaatannya produktif dan dikelola secara transparan dan bertanggung jawab, serta tidak membahayakan keberlangsungan pembangunan nasional, masih bisa dilakukan, katanya lagi.

Pernyataan Hendrawan ini disampaikan menanggapi kritik sejumlah pihak yang menyoroti utang BUMN di era Jokowi-JK yang mengalami pembengkakan. Banyak pihak mengkritik, selama kurun waktu 2014-2018, utang pemerintah pusat naik 69% menjadi Rp 4.416 triliun. Peningkatan itu lebih tinggi ketimbang periode 2010-2014 sebesar 55%.

Hendrawan menjelaskan, pihaknya di Komisi XI DPR sudah mendapatkan laporan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa utang pemerintah saat ini masih terkelola dengan baik.

Baca juga :