DKP Sukabumi Berdayakan Nelayan Jaga Kelestarian Benur

DKP Kabupaten Sukabumi berdayakan nelayan untuk menjaga kelestarian benur atau benih udang lobster laut dari aksi penangkapan ilegal
Rabu, 17 Okt 2018 22:11 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

SUKABUMI - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) memberdayakan nelayan untuk menjaga kelestarian benur atau benih udang lobster laut dari aksi penangkapan ilegal.

Kepala DKP Kabupaten Sukabumi Dadang Budiman berharap upaya yang dilakukan mampu menjaga kelestarian lobster yang sejatinya memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Dia pun menegaskan, pemberdayaan kepada nelayan untuk menjaga kelestarian benur akan terus dilakukan.

Langkah ini kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya pencurian benur lobster. Pelibatan nelayan setempat diharapkan mampu menjaga benih udang benilai ekonomi tersebut, kata Dadang di Sukabumi, Rabu (17/10).

Menurutnya, dengan adanya aturan pengelolaan laut diambil alih oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, maka wewenang DKP Kabupaten Sukabumi adalah melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai.

Oleh karena itu, untuk menghindari pencurian benur lobster perlu adanya pemberdayaan nelayan agar menjaga benih. Para nelayan nantinya akan dimodali pengetahuan agar tidak mudah tertipu terhadap beragam modus pencurian.

Baca juga :