Harga Bawang Putih Naik, Gubernur Jabar Pantau Operasi Pasar

Emil juga memantau harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat lainnya.
Selasa, 18 Feb 2020 12:54 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil atau Emil, menampung langsung berbagai keluhan konsumen terkait harga bawang putih yang mengalami kenaikan di pasar.

Saya menerima langsung keluhan dan laporan dari emak-emak terkait (kenaikan) bawang putih. Hampir naiknya dua kali lipat, mendekati Rp50 ribu hingga Rp60 ribu, kata Emil, usai memantau operasi pasar murah bawang putih di Pasar Astana Anyar, Kota Bandung, Selasa (18/2).

Ia mengatakan, pelaksanaan operasi pasar murah bawang putih yang digagas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar tersebut, merupakan jawaban pihaknya terkait berbagai keluhan konsumen kepada pihaknya.

Kami dengan sigap segera melakukan operasi pasar untuk mengirim bawang putih dengan harga Rp28 ribu per kilo ke pasar di seluruh Jabar. Seperti di Pasar Astana Anyar, satu dari sekian pasar di Kota Bandung mewakili koordinasi ini, kata Emil.

Sementara itu, terkait dugaan penimbunan komoditas kebutuhan pokok masyarakat atau adanya kartel, Gubernur Emil menilai rumor seperti itu lazim terjadi di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok.

Baca juga :