Kasus Covid-19 menurun, masyarakat diimbau jangan lengah

Masyarakat diminta mewaspadai peningkatan sebaran virus saat libur panjang akhir pekan ini. 
Selasa, 09 Mar 2021 20:46 WIB Author - Achmad Rizki

Masyarakat harus terus mewaspadai sebaran Covid-19 meski berdasarkan data Satgas ada penurunan kasus beberapa hari terakhir. Apalagi, saat ini mutasi virus Corona B.1.1.7 yang pertama kali terdeteksi di Inggris sudah ditemukan di Indonesia.

Pakar kesehatan masyarakat, dr Hermawan Saputra, mengatakan, masyarakat mungkin tidak memahami perbedaan Covid-19 dengan mutasi virus Corona, gejala dan risikonya seperti apa.

Tetapi yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kualitas mulai dari kesadaran berperilaku. Sekarang terbuka sekali, seolah-olah sudah bebas, kata dr Hermawan Saputra kepada wartawan, Selasa (9/3).

Menurut dia, masih ada keramaian. Karena itu, masyarakat perlu terus diingatkan pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Pemerintah, semua orang, harus kembali mengingatkan bahwa kita ini belum melewati pandemi Covid-19, tuturnya.

Dia juga meminta, masyarakat tidak menganggap enteng Covid-19 karena ada vaksinasi. Taat protokol kesehatan tetap menjadi kunci menghindari Covid-19. Jadi harus dikembalikan kepada kedisiplinan yang memadai dari masyarakat, imbuhnya.

Baca juga :