Kementrian PUPR optimistis Bendungan Ciawi rampung 2020

Kemajuan konstruksi Bendungan Ciawi pada 30 April 2019 sudah mencapai 18 persen. Apa target Kementerian PUPR?
Selasa, 30 Apr 2019 17:04 WIB Author - Rina Suci

Bogor - Permasalahan manajemen penampungan dan pengolahan air masih merupakan pekerjaan berat di Indonesia. Indonesia masih belum memiliki jumlah bendungan yang cukup untuk menampung air, agar air tidak menjadi bencana jika volumenya melimpah.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hari Suprayogi optimistis dua bendungan di Kabupaten Bogor Jawa Barat, yakni Ciawi dan Sukamahi bisa selesai untuk digunakan tahun 2020.

Bendungan Ciawi dan Sukamahi kita harapkan 2020 selesai, optimis. Meskipun, membangun bendungan itu rata-rata empat tahun lima tahun, ujarnya saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Air Dunia XXVII di Situ Lido Cigombong, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Selasa.

Menurutnya, kini pembebasan lahan yang menghabiskan biaya senilai Rp1,5 triliun itu sudah berjalan 80 persen. Sedangkan sisanya yang 20 persen tinggal tahap pembayaran.

Meski begitu, Hari menyebutkan bahwa pembangunan konstruksi sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Kini, kemajuan konstruksi yang menelan biaya Rp1,2 triliun sudah mencapai 18 persen.

Baca juga :