Meningkatnya Bansos Menunjukkan Keberpihakan Pemerintah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tingginya realisasi bantuan sosial membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin.
Kamis, 16 Mei 2019 23:50 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tingginya realisasi bantuan sosial yang hingga akhir April 2019 sudah mencapai Rp54 triliun atau 55,64 persen dari pagu APBN, telah membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin.

Meningkatnya bantuan sosial menunjukkan keberpihakan pemerintah kepada masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok sejak awal tahun, kata Sri Mulyani dalam jumpa pers perkembangan APBN di Jakarta, Kamis (16/5).

Sri Mulyani mengatakan penyerapan bantuan sosial ini antara lain direalisasikan melalui pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah mencapai 60 persen dari alokasi pada Maret 2019.

Selain itu, terjadi penarikan di muka untuk iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sekitar Rp21,8 triliun atau 81,6 persen dari pagu, hingga Oktober, yang dibayarkan pada Januari sampai April 2019.

Kemudian, sebagian bantuan pangan juga telah disalurkan secara non tunai sebanyak 25,7 persen dari pagu diikuti oleh realisasi dari Program Indonesia Pintar (PIP) maupun Bidikmisi.

Baca juga :