Pemerintah Minta Kontak Erat Covid-19 Tetap Isolasi Meski Tes Negatif

Masyarakat yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 diminta tetap menjalankan isolasi mandiri meski hasil tesnya negatif.
Rabu, 09 Feb 2022 17:34 WIB Author - Dela Fahriana Havityaningtyas

Jakarta, Jurnal Jabar Pemerintah kembali menyosialisasikan panduan untuk masyarakat yang baru saja berkontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, mengatakan hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan isolasi mandiri di rumah.

Anda harus melakukan tes pertama 24 jam setelah kontak erat. Bisa PCR atau antigen, pemilihan tes berdasarkan kriteria daerah pemeriksaan, kata Reisa dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, (9/2).

Reisa melanjutkan, jika tes pertama itu negatif, masyarakat diminta tidak langsung menganggap tidak tertular Covid-19. Ia mengimbau masyarakat tetap menjalankan karantina mandiri sambil memantau gejala yang timbul.

Masyarakat diminta untuk melakukan tes ulang pada hari kelima isolasi mandiri. Jika hasil tes kedua negatif, maka masyarakat tak perlu lagi menjalani isolasi mandiri, papar Reisa.

Baca juga :