Pradebat Capres Ke-4: Analisa Pengamat Atas Kebijakan Jokowi

Malam ini debat capres sesi ke-4 pukul 20.00. Temanya ideologi, pemerintahan, pertahanan, hubungan luar negeri. Apa analisis pengamat?
Sabtu, 30 Mar 2019 19:00 WIB Author - Rina Suci

akarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali mempertemukan kedua calon presiden yang akan bertanding di Pemilu 17 April 2019 dalam debat keempat. Kali ini, capres petahana Joko Widodo dan Prabowo Subianto, akan beradu gagasan di topik Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri.

Jelang debat yang akan berlangsung nanti malam, pengamat ekonomi politik Kusfiardi mengkritisi selama pemerintahan Jokowi, aspek idiologi, keamanan dan hubungan internasional tak menunjukkan kerja pemerintahan yang berpihakan pada kepentingan nasional.

Ia menyontohkan kebijakan jaminan sosial maupun bantuan sosial yang berjalan, semakin menjauh dari nilai-nilai Pancasila.

Bahkan mengabaikan amanat konstitusi UUD 1945, jelas Kusfiardi, Sabtu (30/3/2019).

Sementara dalam hal keamanan, Co Founder FINE Institute tersebut menilai pemerintah masih jauh dari keharusan melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, sebagaimana diamanatkan UUD 1945. Kusfiardi menyebut kebijakan keamanan hanya dilihat sebatas keamanan dari bentuk kriminalitas.

Baca juga :