Presiden Jokowi: Terowongan Nanjung Bagian dari Sistem Pengendali Banjir

Terowongan Nanjung diharapkan dapat mendukung sistem pengendalian banjir di Cekungan Bandung.
Rabu, 29 Jan 2020 12:05 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Terowongan Nanjung yang memiliki panjang bangunan inlet 28 meter dan panjang bangunan outlet 100 meter, di Desa Lagadar Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu (29/1).

Peresmian ditandai dengan menekan tombol sirene yang dilakukan bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Bupati Bandung, Dadang M Naseer dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Basuki Hadimuljono.

Alhamdulillah pembangun Terowongan Nanjung yang merupakan bagian dari sistem pengendali banjir di Cekungan Bandung ini telah selesai dan kami resmikan hari ini, kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Ia mengatakan, sistem pengendali banjir di Cekungan Bandung terdiri dari banyak pekerjaan besar yakni normalisasi di hulu sungai, pembangunan embung, pembangunan kolam retensi, dan pembangunan pathway di Cisangkuy.

Dan sekarang ini pembangunan Terowongan Nanjung. Kami harapkan masih ada satu dua yang ingin kami selesaikan di tahun 2020 ini. Dan masih jadi PR yakni satu sodetan dan satu kolam retensi, kata Jokowi.

Baca juga :