Tanpa Status Siaga, Pemprov Jabar Tetap Siaga Kekeringan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Emil mengatakan, tanpa menetapkan status siaga kekeringan pun, Provinsi Jawa Barat tetap siaga kekeringan.
Selasa, 06 Agst 2019 13:33 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil mengatakan bahwatanpa menetapkan status siaga kekeringan pun, Provinsi Jawa Barat tetap menyatakan siaga menghadapi kekeringan, akibat musim kemarau Tahun 2019.

Saya belum ada laporan dulu, akan kasih kabar. Kalau definisisiaga, tanpa status pun sudah siaga (kekeringan), kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, ketika dimintai pendapatnya tentang meluasnya jumlah kabupaten/kota di Jabar yang terdampak kekeringan.

Hal itu ia sampaikan di Auditorium Pasca-Sarjana Fikom Unpad, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (6/8).

Ia mengatakan, bentuk siaga Pemprov Jawa Barat dalam menghadapi kekeringan pada musim kemarau kali ini ialah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR), terkait proyek jangka sedangseperti pembangunan waduk-waduk.

Ada negara-negara yang hari ini enggak ada air, seperti Afsel, karena pada saat hujan enggak ditampung. Maka dengan pembangunan penampungan air, seperti waduk, sedang dikebut, termasuk di Citarum yang masih dalam pembebasan lahan. Jangka menengah ada, kata Emil.

Baca juga :