Vokasi UI Berdayakan Warga Belitung Timur Lewat Ternak Madu

Vokasi UI yang berkolaborasi dengan Billiton Bee Farm dalam melakukan Pemberdayaan Masyarakat, melalui Program Adopsi Madu Belitung Timur.
Senin, 05 Agst 2019 09:01 WIB Author - Rina Suci

DEPOK - Vokasi UI yang berkolaborasi dengan Billiton Bee Farm dalam melakukan Pemberdayaan Masyarakat, melalui Program Adopsi Madu Belitung Timur dengan melakukan konservasi Madu Trigona.

Kami memberikan wawasan tentang potensi madu di Indonesia, serta workshop cara produksi madu dari berbagai jenis lebah khususnya trigona, kata Ketua Pengabdi dari Program Pendidikan Vokasi UI Mareta Maulidiyanti di kampus UI Depok, Senin (5/8).

Diharapkan, masyarakat akan terdorong untuk mencoba budidaya madu untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Selain nilai ekonomisnya tinggi, madu ini diharapkan bisa menjadi solusi pencahariaan selain sektor tambang.

Pada program ini juga juga dilakukan adopsi terhadap 50 rumah madu, untuk menjadi media uji coba para peternak yang menjadi change agent dalam program ini. Dengan konsep adopsi madu ini, para peternak bertanggung jawab atas rumah madu dalam bentuk kayu mahono.

Dalam proses adopsi madu, tim pengabdi dibantu oleh fasiltator ahli dari Billiton Bee Farm dalam penyiapan rumah madu, hingga proses panen nanti. Program ini juga didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur.

Baca juga :