Bupati Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., ketika apel pagi sekaligus menyerahkan penghargaan kepada Kepala Disdukcapil Kuningan, Drs. Yudi Nugraha, M.Pd., di Halaman Setda, Komplek KIC, Senin (4/8/2025). Foto sumber Pemkab Kuningan

Disdukcapil Kuningan Raih Penghargaan Kinerja Terbaik

Disdukcapil Kuningan Raih Penghargaan Kinerja Terbaik se-Jawa Barat

Penghargaan diserahkan kepada Kepala Disdukcapil Kuningan, Drs. Yudi Nugraha, M.Pd., dan disaksikan oleh Wakil Bupati, Pj Sekda, Asisten Daerah, Staf Ahli, para Kepala OPD, dan peserta apel lainnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan berhasil meraih penghargaan penilaian kinerja terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat 2025. Capaian membanggakan ini mendapat apresiasi langsung dari Bupati Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., saat apel pagi di Halaman Setda, Komplek Kuningan Islamic Center (KIC), Senin (4/8).

Penghargaan diserahkan kepada Kepala Disdukcapil Kuningan, Drs. Yudi Nugraha, M.Pd., dan disaksikan oleh Wakil Bupati, Pj Sekda, Asisten Daerah, Staf Ahli, para Kepala OPD, dan peserta apel lainnya.

Bupati Dian menyampaikan, penghargaan ini menjadi bukti nyata semangat kerja kolektif dan inovasi Disdukcapil meski dalam keterbatasan. Ia berharap, capaian tersebut bisa menjadi motivasi bagi perangkat daerah lainnya untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

"Ini adalah hasil kerja tim yang luar biasa. Prestasi ini patut dibanggakan dan harus terus dikembangkan," tegasnya.

Raih Nilai Tertinggi di Jawa Barat

Disdukcapil Kuningan meraih nilai 89,47 (kategori baik) dalam Penilaian Kinerja Kepala Disdukcapil 2025. Nilai ini tercatat sebagai yang tertinggi di Jawa Barat, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 8001.3.3-1165/Dukcapil Tahun 2025.

Kepala Disdukcapil Yudi Nugraha menjelaskan, penilaian kinerja mencakup empat aspek utama, yakni:

1. Cakupan Hasil Pelayanan

2. Inovasi Pelayanan

3. Pemanfaatan Data Warehouse (DWH)

4. Kerja Sama Antar-Stakeholder

Inovasi Pelayanan dan Capaian Kinerja

Pada aspek cakupan hasil pelayanan 2024, seluruh Indikator Kinerja Utama (IKU) telah terpenuhi 100%. Bahkan, cakupan Kartu Identitas Anak (KIA) mencapai 126%.

Disdukcapil juga menciptakan lima inovasi pelayanan sepanjang 2024, yaitu:

1. Wakuncar (Warga Kuningan Cari Administrasi)

2. Jumpa Fans (Jemput Perekaman Face to Face untuk Lansia dan Disabilitas)

3. Dukcapil Tamasya

4. SI TAKUN (Sistem Informasi Data Agregat Kependudukan Kuningan)

5. Pelita Anak

Melalui SI TAKUN, masyarakat dapat mengakses data kependudukan secara terbuka melalui website resmi Disdukcapil.

Pada aspek kerja sama antar-stakeholder, capaian Disdukcapil telah mencapai 76,04%, jauh melebihi target awal sebesar 44%. Kerja sama ini melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga swasta di Kabupaten Kuningan.

Sumber Pemkab Kuningan

Komentar