Kominfo Buka Pelatihan Penjualan Bagi Pelaku UMKM

Kominfo Buka Pelatihan Penjualan Bagi Pelaku UMKM Ilustrasi foto penjualan produk UMKM Alinea.id

Nasional- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas teknologi digital dan manajemen bagi pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo, I Nyoman Adhiarna, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi penjualan para pelaku UMKM secara online di platform digital.

"Pelatihan ini ditargetkan mempercepat 26 ribu pelaku UMKM masuk tahapan Active Selling" kata Nyoman Adhiarna dilansir dari Siaran Pers Kominfo, Selasa (20/7).

Nyoman mengatakan pelaksanaan pelatihan akan berlangsung melalui aplikasi Learning Management System (LMS). Dengan aplikasi itu, pelaku UMKM dapat mengakses konten-konten pelatihan dengan mudah. Kemudian, peserta pelatihan akan menerima fasilitas berupa pulsa dan kouta internet gratis. Serta aplikasi agregator Jubilo agar pelaku UMKM dapat memantau penjualan di berbagai platform digital.

"Untuk tahap I telah berlangsung pada 3-4 Juli 2021 lalu. Tahap dua akan dimulai 1 s.d. 2 Agustus. Sedangkan tahap 3, pelatihan akan berlangsung di bulan Agustus hingga November 2021. Kemudian, di tahap akhir, pelaksanaan kegiatan mulai dari November sampai Desember tahun ini," jelasnya.

Ia menjelaskan Kominfo juga menyediakan pendampingan dan fasilitasi terhadap pelaku UMKM akan dilakukan oleh 90 orang fasilitator yang berlokasi di 10 Destinasi Kawasan Pariwisata Prioritas. Secara rinci mencakup wilayah Provinsi Jawa Barat, Yogyakarta, Kawasan Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Belitung), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Tanjung Lesung (Banten), Mandalika (Nusa Tenggara Barat). Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara) serta Morotai (Maluku Utara).

Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti pelatihan ini dapat menghubungi Direktorat Ekonomi Digital di nomor telepon 021-3451363 dan email [email protected]