Air Bersih untuk Warga Desa Indrajaya Tasikmalaya

Water.org dan BMT Idrisiyyah mengalirkan air bersih masuk ke saluran air rumah warga, di Desa Indrajaya, Tasikmalaya. Begini kisahnya.
Rabu, 10 Jul 2019 15:49 WIB Author - Rina Suci

TASIKMALAYA - Water.org sebuah organisasi non pemerintahan, yang fokus pada bidang air bersih dan sanitasi. Organisasi ini bekerja sama dengan Pondok Pesantren Idrisiyyah, melalui koperasi Baitul Maal Wa Tamlil (BMT) membangun fasilitas saluran air bersih dan sanitasi.

Fasilitas tersebut diperuntukkan bagi seribu keluarga di Desa Indrajaya, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk memenuhi keinginan masyarakat, yang selama ini belum memanfaatkan sumber air di daerahnya.

Kami (Water.org) memberikan pelatihan, pendampingan, memediasi, fasilitator, yang sementara ini ada seribu keluarga dan nanti akan berlanjut, kata Senior Program Manager Water.org, Aldi Suryaningrat, saat peresmian mata air Sukaratu dan produk pembiayaan air dan sanitasi, di Pondok Pesantren Idrisiyyah di Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (10/7).

Ia menuturkan, Water.org berperan membantu Pesantren Idrisiyyah yang memiliki program koperasi untuk pembiayaan saluran air dan sanitasi.

Saat ini, baru seribu kepala keluarga yang dikerjasamakan dengan Water.org untuk penyaluran air bersih. Sebagian dari masyarakat di Kecamatan Sukaratu, selama ini belum memanfaatkan secara maksimal sumber mata air di daerahnya.

Baca juga :