Dandim: Penemuan Mortir di Dago Terbanyak se-Indonesia

Penemuan mortir di bawah tanah sebuah rumah di Gang Cinta Wangi, Dago, Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa (5/3) menjadi yang terbanyak.
Rabu, 06 Mar 2019 14:36 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BANDUNG - Penemuan mortir di bawah tanah sebuah rumah di Gang Cinta Wangi, Dago, Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa (5/3) menjadi yang terbanyak di Indonesia.

Komandan Distrik Militer 0618/BS Letkol Inf M Herry Subagyo memastikan 87 butir mortir kaliber 80 tersebut merupakan model lama yang tidak mungkin diproduksi saat ini. Diamenduga mortir tersebut peninggalan masa kolonial pada era Perang Dunia Kedua.

Sepengetahuan saya ini jumlah paling banyak. Mungkin di Indonesia cukup besar, apalagi di Bandung, kata Herry di lokasi penemuan mortir, Rabu (6/3).

Mengenai daya ledak, Herry mengaku belum mengetahui secara pasti. Pasalnya, model tersebut dengan yang sekarang berbeda. Namun, kata dia, dipastikan mortir tersebut cukup mematikan.

Secara umum, titik ledak radius 20 meter masih mematikan tapi pecahannya kecil. Kami tidak tahu arahnya bisa menyebar kemana-mana, ungkapnya.

Baca juga :