DLH Cianjur: Volume Sampah Mencapai 160 Ton Saat Malam Pergantian Tahun

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur mencatat volume sampah usai perayaan malam pergantian tahun yang bersumber dari pusat kota meningkat.
Jumat, 04 Jan 2019 15:15 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

CIANJUR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur, Jawa Barat (Jabar) mencatat volume sampah usai perayaan malam pergantian tahun yang bersumber dari pusat kota meningkat. Penumpukan dan penyumbang sampah terbanyak berasal dari kawasan Alun-Alun Cianjur.

Namun, Kepala DLH Cianjur Akos Koswara mengatakan, peningkatan volume sampah pascatahun baru tidak terlalu signifikan dibandingkan hari biasa atau libur akhir pekan. Bahkan jumlah peningkatan tidak sebanyak saat perayaan Idul Fitri yang mencapai 30 persen.

Setiap hari volume sampah yang masuk ke TPAS Pasirsembung mencapai 140 ton. Namun, pada perayaan tahun baru bertambah lima truk menjadi 160 ton, kata Koswara di Cianjur, Jumat (4/1).

Sangat berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Kemungkinan penurunan karena tingkat kesadaran warga meningkat seiring dikeluarkannya surat edaran yang menganjurkan membuang sampah pada tempatnya, ungkapnya.

Peningkatan terjadi hanya di beberapa titik seperti obyek wisata dan pusat keramaian. Meskipun, kata dia secara umum volume sampah selama libur perayaan tahun baru tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Baca juga :