Kebakaran Hutan di Cigadog Berpotensi Kembali Terjadi

Hutan pinus seluas lima hektare di Cigadog ludes terbakar.
Minggu, 15 Sep 2019 11:08 WIB Author - Fathor Rasi

SUKABUMI-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat, khawatir kebakaran hutan pinus kembali terjadi menyusul terik dan keringnya lahan di lokasi.

Sebelumnya, Jumat (13/09), hutan pinus seluas lima hektare di lahan milik Perusahaan Umum (Perum) Perhutani di Kampung Cigadog terbakar, dan berhasildipadamkan Sabtu kemarin.

Api saat ini sudah berhasil dipadamkan, namun kami masih khawatir terjadi bencana serupa susulan. Maka dari itu, personel gabungan dari berbagai unsur dan lembaga tetap bersiaga, kata relawan BPBD Kecamatan Nyalindung, Asep Has.

Diduga, terjadinya kebakaran yang berada di Desa Bojongsari, Kecamatan Nyalindung ini akibat puntung rokok yang masih menyala yang dibuang oknum tidak bertanggungjawab ke semak-semak yang berada di hutan pinus tersebut.

Kondisi cuaca yang terik dan banyaknya rumput, ranting serta daun kering memicuapi cepat membesar sehingga petugas gabungan dari relawan BPBD Kabupaten Sukabumi, Babinsa Kecamatan Nyalindung dan relawan ProBumi Indonesia kesulitan dalam memadamkan api.

Baca juga :