Pakar Lingkungan Sarankan Perbanyak Embung dan Reboisasi

Embung berguna untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan tiba.
Kamis, 09 Jan 2020 17:00 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Pakar lingkungan hidup dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Suprihatin, mengatakan pemerintah perlu memperbanyak embung atau penampungan air, yang dapat berguna untuk mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan tiba.

Embung merupakan salah satu solusi untuk mengurangi risiko banjir. Oleh karena itu harus dibuat banyak di daerah Bogor, Depok dan sekitarnya, ujar dia saat dihubungi di Jakarta, Kamis (9/1).

Embung tersebut akan berguna menampung air hujan, yang kemudian bisa dialirkan pelan-pelan pada saat kondisi sudah mulai normal. Sehingga, risiko dampak banjir bisa lebih diminimalisir.

Secara umum, Suprihatin menilai keberadaan embung di daerah Bogor dan Depok belum begitu banyak dan signifikan. Sehingga saat musim penghujan tiba dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir.

Pemerintah DKI Jakarta dan Bogor bisa saling bekerja sama untuk membuat lingkungan lebih baik lagi, salah satunya memperbanyak embung, ujar penerima Setyalancana Karya Satya X dan XX, pada 2008 dari Presiden RI tersebut.

Baca juga :