Masjid Ash Shamad Cirebon, Oase Kecil di Teriknya Cirebon

Siapapun yang pernah ke Cirebon, mungkin akan merasakan teriknya Kota Cirebon. Namun ada sebuah oase kecil di sana. Simak berikut ini.
Sabtu, 11 Mei 2019 00:01 WIB Author - Rina Suci

CIREBON - Siapapun yang pernah ke Cirebon, mungkin akan merasakan teriknya Kota Cirebon. Namun di salah satu sudut kota yang dijuluki Kota Udang itu terdapat satu oase kecil yang menyejukkan bagi Umat Muslim.

Oase itu adalah sebuah masjid bernama Masjid Ash Shamad. Apa uniknya? Bahan baku Masjid Ash Shamad sekitar 75 persennya adalah bambu. Masjid yang berada di Kelurahan Kebonbaru ini menjadi salah satu daya tarik, karena suasananya yang sejuk serta bersih terutama di bulan Ramadhan ini.

Bahan dasar Masjid ini dari bambu, karena memang temanya tropis dan belum ada di Cirebon, kata Dewan Penasehat DKM Ash Shamad Watid Syahriar di Cirebon, Jumat (10/5).

Watid mengatakan banyak masjid yang terbuat dari kayu seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan lainnya. Agar terasa berbeda pihaknya memilih bambu sebagai bahan dasar.

Masjid Ash Ashamad merupakan satu-satunya masjid bambu di Kota Cirebon yang berdiri di atas tanah seluas 370 meter persegi. Sedangkan bangunan masjidnya seluas 260 meter persegi.

Baca juga :