AII Sesalkan Polisi Luput Ungkap Fakta Korban Tewas '22 Mei'

Amnesty International Indonesia menyoroti pihak kepolisian yang dinilai luput menjelaskan kepada publik, terkait korban jiwa.
Rabu, 12 Jun 2019 12:11 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Amnesty International Indonesia (AII) menyoroti pihak kepolisian yang dinilai luput menjelaskan kepada publik, terkait korban jiwa serta pelaku penembakan yang mengakibatkan tewasnya sejumlah warga saat kericuhan Aksi 22 Mei.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (11/6), menilai hal yang disampaikan polisi dalam konferensi pers tidak menyeluruh dan gagal mengungkap fakta penting mengenai korban tewas dalam peristiwa tersebut.

Ini menyakitkan bagi keluarga korban yang hari ini berharap polisi mengumumkan ke publik siapa yang melakukan penembakan kepada korban, kata Usman.

Alih-alih menunjukkan perkembangan penyidikan tentang penyebab korban tewas dan pelaku yang harus bertanggungjawab, narasi yang disampaikan polisi hanya soal rencana pembunuhan dalam Aksi 22 Mei.

Lantaran hal itu, sejumlah keluarga korban yang ditemui Amnesty International Indonesia disebutnya kecewa tidak ada pengungkapan pelaku pembunuhan untuk kemudian dibawa ke pengadilan.

Baca juga :