KB Pascapersalinan, Program Meningkatkan Kualitas Generasi Muda

Untuk memetik bonus penduduk menjadi bonus kesejahteraan, Hasto mengatakan, perlu meningkatkan kualitas penduduk Indonesia.
Rabu, 15 Nov 2023 18:01 WIB Author - Hermansah

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, Indonesia sedang menikmati bonus demografi.

Menurut Hasto,sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas khususnya generasi muda, mampu memetik bonus penduduk ini menjadi bonus kesejahteraan. Salah satu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas itu melalui KB Pascapersalinan.

Angka (rasio) ketergantungan penduduk usia nonproduktif yang ditanggung dari 100 orang usia produktif saat ini 44,33. Artinya, antara yang bekerja dan yang makan perbandingannya banyak yang kerja, setiap 100 orang pekerja hanya kasih makan 44 orang. Kalau mau kaya sekarang saatnya, kalau bukan kita yang mendorong, siapa lagi?, ucap Hasto dalam Workshop Strategi Penurunan Unmet Need dan Peningkatan KB Pasca Persalinan Tahun 2023 di Oak Tree Emerald Semarang pada Selasa (14/11).

Untuk memetik bonus penduduk menjadi bonus kesejahteraan, Hasto mengatakan, perlu meningkatkan kualitas penduduk Indonesia melalui peningkatan layanan pendidikan yang berkualitas, peningkatan layanan kesehatan, menurunkan stunting, pengentasan kemiskinan, serta peningkatan produktivitas dan daya saing.

Hasto menjelaskan pada 2035, Indonesia sudah banjir orang tua, hal ini disebabkan angka harapan hidup yang meningkat. Oleh karenanya, mulai dari sekaranglah perlu menyiapkan lansia yang tangguh di masa depan.

Baca juga :