Pembangunan Tol Cigatas Akan Dipercepat

Sementara, Tol Cisumdawu diproyeksikan akan selesai pada 2021.
Selasa, 14 Jan 2020 08:00 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyebutkan pada 2020 ini pembangunan jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), yang merupakan bagian dari Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, akan dipercepat.

(Pembangunan Tol Cigatas) dipercepat, mau tender. Ini sudah siap, kalau di Perpresnya ini harus ada prakualifikasi dulu. Ini akan lama makanya saya sudah minta ke Menko Maritim ini tidak usah prakualifikasi langsung saja, kata Basuki di Kampus ITB Jalan Ganesa Kota Bandung, Senin (13/1).

Ia menuturkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) diproyeksikan akan selesai seluruhnya pada 2021. Sementara pada akhir tahun 2020 ini, Tol Gedebage-Bandung-Cilacap diupayakan langsung pada tahapan peletakan batu pertama.

Basuki mengatakan, percepatan pembangunan dua jalan tol tersebut sudah dipetakan kementeriannya, sehingga realisasi pembangunannya bisa lebih cepat dilakukan.

Jadi kami sudah petakan ini. Kami coba akhir tahun ini. Karena itu Tol Cisumdawu kan hanya karena pembebasan lahan saja masalahnya, kata Basuki.

Baca juga :