Pemkab Karawang Bangun Jembatan Walahar pada 26 Juni 2019

Perencanaan pembangunan Jembatan Walahar di Kec. Klari dan Kec. Ciampel telah rampung. Seperti apa tata rencananya?
Rabu, 10 Apr 2019 16:22 WIB Author - Rina Suci

Karawang - Pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bakal membangun lima jembatan untuk mendukung percepatan pembangunan dan konektivitas wilayah. Salah satunya Jembatan Walahar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang Acep Jamhuri mengungkapkan, pembangunan jembatan Walahar menggunakan anggaran yang bersumber dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebesar Rp 17.081.322.000. Nantinya akan dibangun 250 meter ke arah hulu dari Bendungan Walahar, Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Jembatan ini merupakan penghubung antara Kecamatan Klari dan Kecamatan Ciampel. Semula penghubung keduanya menggunakan Jembatan Bendungan Walahar dengan lebar 2,5 meter, yang merupakan peninggalan Hindia Belanda. Rencananya Pak Gubernur (Ridwan Kamil) berencana membangun Situ Cipule menjadi kawasan wisata. Tahun ini perencanaannya akan dibuat oleh beliau, ujar Acep.

Situ Cipule diketahui juga kerap menjadi venue dayung untuk perhelatan olahraga, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Ini harus didukung juga oleh akses, konektivitas wilayahnya, kata Acep.

Tahun 2019 ini rencana pembangunan baru menyasar pada pondasi dan abutment. Sebab, anggaran yang dibutuhkan sesuai review detail enginering desain sebesar Rp 80 miliar. Kami berharap tahun depan kembali mendapat bantuan keuangan Pemprov Jabar yang lebih besar, kata Acep.

Baca juga :