Wacana Ibu Kota Baru di Segitiga Emas Kalimantan Tengah

Sudah sejak era Presiden Republik Indonesia Soekarno telah diwacanakan pemindahan ibukota Republik Indonesia. Kini, apa tindak lanjutnya?
Jumat, 10 Mei 2019 08:09 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Sejak era Presiden Republik Indonesia Soekarno telah diwacanakan pemindahan Ibu Kota Republik Indonesia. Dahulu wacana itu menyebutkan nama Palangkaraya sebagai lokasi barunya.

Dari masa ke masa, rencana pemindahan Ibu Kota tetap menjadi salah satu hal yang dibahas, dibicarakan, dan dipikirkan oleh setiap presiden. Era Presiden Soeharto, kawasan Jonggol menjadi kandidat ibukota dan di masa Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono juga ada tim khusus yang mengkaji persoalan Ibu Kota baru ini.

Begitu pun saat ini, Presiden Joko Widodo bersama tim telah melakukan pembahasan intens bahkan kunjungan ke kawasan yang disebut kawasan Segitiga Emas di Kalimantan Tengah. Lokasi itu berada di antara Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas.

Jokowi menyatakan, kunjungannya tersebut untuk mendapatkan feeling lokasi manayang dinilai paling cocok sebagai ibukota Indonesia yang baru. Kalau sudah dapat feeling-nya, nanti ya hitung-hitungannya, kalkulasinya, memutuskannya itu lebih mudah, kata Presiden Jokowi di lokasi tersebut, Rabu (8/5).

Ia juga mengatakan bahwa aspek yang harus dipertimbangkan dalam persoalan ibukota baru tidaklah sedikit. Menurut Jokowi, banyak yang harus dipikirkan sebab di lokasi tersebut juga belum ada infrastruktur sehingga itu harus dimulai dari nol lagi. Akan tetapi, ia tetap menurunkan tim khususnya untuk mengkaji lebih dalam lokasi tersebut, yakni dari seluruh aspek kelayakan membangun sebuah Ibu Kota.

Baca juga :