Antrean Pemohon KTP dan KK Menumpuk

Disdukcapil Cianjur, Jawa Barat, mencatat masih terjadi antrian warga pemohon administrasi kependudukan (adminduk) di sana. Mengapa?
Kamis, 04 Jul 2019 16:08 WIB Author - Rina Suci

CIANJUR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Cianjur, Jawa Barat, mencatat masih terjadi antrean warga pemohon administrasi kependudukan (adminduk) di kantor tersebut, meski kantor pelayanan cabang di lima kecamatan sudah aktif kembali.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Cianjur, Dundi Syahron Fajar kepada wartawan di Cianjur, Kamis (4/7), mengatakan, antrean di kantor pelayan mencapai 150 hingga 200 orang per hari.

Pelayanan adminduk Disdukcapil masih mengalami keterbatasan akses, sehingga pengurusan baru dapat selesai satu hari. Berbeda dengan pelayanan di kecamatan, hanya pengurusan tidak bisa mencetak langsung, kata Dundi.

Ia menjelaskan, keterbatasan blanko menjadi salah satu faktor belum stabilnya pencetakan di kantor cabang pelayanan adminduk di lima kecamatan yang ada, seperti Kecamatan Cipanas, Cianjur, Karangtengah, Ciranjang dan Sindangbarang.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan uji coba tanda tangan elektrik (TTE), di setiap kantor cabang pelayanan adminduk yang sudah dapat dilakukan pencetakan melalui TTE, namun hanya sebatas kartu keluarga (KK).

Baca juga :