Darurat Sampah, Pemkot Bandung Reaktivasi TPA Cicabe

TPA darurat tersebut sebagai langkah darurat penanganan sampah di Kota Bandung yang mampu mengolah 500-600 ton sampah per hari.
Kamis, 04 Mei 2023 11:04 WIB Author - Serabella Berlianti Annora

Kota Bandung, Jurnal Jabar Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengaktifkan kembali Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cicabe sebagai langkah darurat penanganan sampah di Kota Bandung. Plh. Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, TPA darurat tersebut mampu mengolah 500-600 ton sampah.

Ini langkah darurat kami mereaktivasi eks-TPA Cicabe. Sehingga saat ini alhamdulilah sudah sekitar 500-600 ton sampah geser ke sana. Sambil menunggu Pemprov Jawa Barat merealisasikan penanganan sampah di Legok Nangka, tutur Ema, dilansir dari bandung.go.id, Rabu (3/5).

Ema mengatakan, rata-rata masyarakat Kota Bandung menghasilkan 1.500 ton per hari dan hanya mengandalkan penanganan regional di TPA Sarimukti.

Saat ini Sarimukti sedang terkendala. Tadinya bisa menampung 100 persen, tapi sekarang hanya 50-60 persen, ucapnya.

Ema menambahkan, penanganan sampah di Kota Bandung saat ini hanya mengandalkan TPA Sarimukti. Sedangkan, saat ini ada satu lokasi di Sarimukti yang masih dalam penanganan, sehingga terjadi hambatan penanganan sampah.

Baca juga :