Sampah di TPSA Bagendung Cilegon Mulai Dikelola Jadi Energi Listrik

Wali Kota Cilegon mengatakan, kerja sama pengelolaan sampah dengan PT. Indonesia Power dilakukan untuk mengatasi persoalan sampah.
Kamis, 04 Nov 2021 15:05 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Cilegon, Jurnal Jabar - Sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kota Cilegon, Banten, mulai digunakan sebagai energi listrik. Sampah itu dikelola menjadi bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya. Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, mengatakan kerja sama pengelolaan sampah dengan PT. Indonesia Power dilakukan untuk mengatasi persoalan sampah.

Tumpukan sampah di TPSA Bagendung bertahun-tahun tak dikelola, dengan kerjasama antara Pemkot Cilegon dan PT. Indonesia Power, saya berharap tumpukan sampah ini bisa berkurang, terlebih dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis, kata Helldy, Selasa (2/11).

Helldy menjelaskan, kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) dengan PT. Indonesia Power dilakukan sebagai upaya nyata mengatasi persoalan sampah. Menurutnya, jika pengelolaan sampah ini ditangani dengan serius maka persoalan sampah bisa tuntas.

Jika semua industri di kota Cilegon sama seperti PT. Indonesia Power yang memberikan dukungan penuh, saya meyakini persoalan sampah bisa ditangani sampai tuntas, jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Indonesia Power, Ahsin Sidqi mengatakan PLTU Suralaya butuh 400 ton biomassa per hari, yang dihasilkan dari sampah maupun kayu. Sekira 400 ton bahan campuran ini akan dicampurkan dengan batu bara sebagai bahan utama penghasil listrik.

Baca juga :