Pemkot Bandung Akan Sentralisasi Mesin Pengelolaan Sampah Tiap RW

UPI bekerja sama dengan Pemerintah (Pemkot) Bandung mengembangkan mesin pengolahan sampah ramah lingkungan.
Selasa, 14 Sep 2021 12:12 WIB Author - Nadya Angelica

Kota Bandung Universitas Pendidikan Indionesia (UPI) bekerja sama dengan Pemerintah (Pemkot) Bandung mengembangkan mesin pengolahan sampah ramah lingkungan. Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menjelaskan apabila pengembangan ini berhasil, pengelolaan sampah nantinya dipusatkan tiap RW sehingga hanya dikelola satu orang.

Kalau berhasil saya harap akan mulai pengelolaan sampah itu bisa disentralisasi tiap RW, ujar Oded saat meninjau mesin pengolahan sampah ramah lingkungan di Kampus UPI Jalan Setiabudi Senin (13/9) dilansir dari portal.bandung.go.id.

Mesin dengan skala kecil ini merupakan tindak lanjut kerja sama Pemerintah (Pemkot) Bandung dengan Jepang terkait penataan lingkungan serta teknologi bidang pengelolaan sampah pada Februari 2020.

Oded mengatakan mesin ini memiliki keunggulan karena skalanya kecil. Dengan skala kecil ini, bisa dilakukan di tingkat RW dan pengelolaan sampah harus disentralisasi sehingga bisa dikelola oleh hanya satu orang.

Soal harga, Oded belum bisa memastikan karena masih dalam tahap pengembangan sehingga diharapkan dapat segera beroperasi secepatnya.

Baca juga :