Pemprov Banten Anggarkan Rp12 Miliar untuk Bonus Atlet PON

Pemprov Banten Anggarkan Rp12 Miliar untuk Bonus Atlet PON Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy (Foto: Instagram @andikahazrumy_official)

Serang, Jurnal Jabar - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menganggarkan Rp12 miliar melalui hibah KONI untuk bonus atlet yang meraih medali pada perhelatan PON XX Papua. Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, mengatakan bonus ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan pembinaan bagi para atlet berprestasi.

"Kita (Pemprov Banten) alokasikan dari APBD kita itu di pos hibah ke KONI Banten, bagian dari pembinaan atlet di Banten," kata Andika, Senin (11/10).

Andika menjelaskan, Pemprov bersama KONI Banten akan mengevaluasi hasil dari PON XX Papua ini. 

"Tentu evaluasi akan kita lakukan untuk hasil PON kali ini. Nanti akan ada pembinaan-pembinaan kaitan pengembangan prestasi atlet-atlet kita ke depan," sambungnya.

Lebih lanjut, Andika mengaku optimis kontingen Banten dapat masuk peringkat 10 besar pada PON XX Papua.

"Saya optimistis kontingen kita dapat masuk peringkat 10 besar," lanjutnya.

Ia menambahkan, kontingen Banten berpotensi menambah medali karena berhasil masuk ke babak final di cabang olahraga gulat dan layar. 

"Kalau tidak salah ada 5 Cabor (cabang olahraga) yang hari ini dan besok akan berlaga di final, termasuk gulat dan layar," kata Andika.

Sebagai informasi, hingga Senin (11/10), Banten sementara turun ke peringkat 12 setelah sebelumnya sempat bertengger di posisi 10. Banten berada di bawah NTB dan Lampung, mengantongi 7 medali emas, 9 medali perunggu dan 1 medali perak.